Info Terkini, Mirip Apple, Samsung Izinkan Pengguna Perbaiki Sendiri Galaxy S21
Samsung Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana kemitraannya dengan iFixit, yaitu komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai perangkat elektronik dan perangkat lainnya.
Dengan kerja sama ini, Samsung di AS akan mengizinkan pengguna untuk memperbaiki perangkatnya secara mandiri, baik smartphone juga tablet ketika terjadi kerusakan.
Menurut Samsung, program ini ditujukan agar pengguna menerima tambahan cara untuk memperpanjang umur produk.
"Program ini hadir agar konsumen memiliki lebih banyak cara untuk memperpanjang usia produk kami dengan pangalaman perawatan premium," kata Ramon Gregory, Senior Vice President of Customer Care, Samsung Electronics AS.
Mirip Apple, Samsung Izinkan Pengguna Perbaiki Sendiri Galaxy S21
Dalam praktiknya, Samsung bermitra dengan iFixit guna menyediakan suku cadang resmi untuk perangkat seri tertentu.
Selain suku cadang orisinil alias asli, Samsung juga mengungkapkan akan menyediakan alat perbaikan hingga panduan perbaikan secara visual.
Adapun seri perangkat yang tercakup dalam program ini meliputi model yang populer sesuai Galaxy S20 series, Galaxy S21 series serta tablet Galaxy Tab S7+.
Kemitraan ini sendiri akan dimulai pada musim panas AS atau sekitar Juni akan datang. Pada tahap awal, iFixit akan menyediakan alat dan panduan perbaikan.
Sementara Samsung akan memberikan akses untuk memperoleh suku cadang asli perangkat sesuai layar, baterai, kaca belakang hingga port pengisian daya.
Untuk onderdil pengguna yang rusak, dapat dikembalikan ke Samsung untuk didaur ulang.
Ke depannya, Samsung mengungkapkan akan ada lebih banyak kategori komponen yang tersedia dalam program perbaikan dengan iFixit.
Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (6/4/2022), model perangkat yang didukung dalam program ini juga akan ditambah di waktu akan datang.
Mirip Apple
Akhir tahun lalu Apple secara resmi mengumumkan program terkini untuk pelanggan bernama Self Service Repair.
Melalui program ini, pengguna perangkat Apple akan dapat memperbaiki perangkat mereka sendiri tanpa perlu pergi ke tempat perbaikan resmi.
Dengan metode pelayanan mandiri ini pengguna produk Apple dapat memperoleh suku cadang, alat perbaikan, dan panduan perbaikan resmi langsung dari Apple.
Sebelumnya, suku cadang resmi Apple dan peralatan untuk perbaikan perangkat hanya dapat diperoleh oleh teknisi di Apple Store, Apple Authorized Service Providers (AASP), atau Independent Repair Provider yang tersebar di sejumlah negara.
Program ini baru akan dijalankan tahun ini. Rencananya, program ini akan dimulai di wilayah Amerika Serikat dan segera diperluas ke negara-negara lain secara bertahap.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Aktifkan Notifikasimu
Aktifkan