Duh! Cerita Ayun Olah Bisnis Kue Basah Sampai Buka Lapangan Kerja untuk Ibuibu
Hobi yang dikembangkan dengan keuletan dan kesabaran akan berbuah manis. Apalagi didorong dengan keinginan untuk belajar terus menerus membuat hobi tersebut menjadi lahan cuan. Hal inilah yang dirasakan oleh Khuroti Ayun owner Aykitchen dalam mengelola bisnis kue basahnya. Ayun mengaku, jalan yang ditempuh sejak mendirikan bisnisnya memang tak mudah. Mengawali bisnis dari rumah sejak 2016 dengan modal peralatan masak di dapur membuatnya tak gentar. Kue basah menjadi segmen produksi awal ketika dirinya memiliki hobi memasak sejak kecil. Ayun melihat potensi bisnis kue basah tak akan lekang oleh zaman. Apalagi Surabaya memiliki makanan khas yang dapat terus dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan permintaan pasar. Dunia kuliner dalam beberapa tahun terakhir pun selalu berkembang. Ia juga memiliki semangat untuk dapat mengajak para ibu-ibu di dekat rumahnya untuk dapat terus menghasilkan uang setiap hari demi mendukung keuangan keluarga. “Awalnya memang hanya untuk menambah uang buat kebutuhan rumah. Jadi, biar suami tak berat dalam memenuhi kebutuhan setiap hari,” ujar Ayu dalam keterangannya dikutip Kompas.com, Senin (16/5/2022). Bak gayung bersambut, langkah cadas Ayun untuk merintis bisnis kue sesuai menemukan kepingan puzzle ketika dirinya memutuskan untuk ikut pelatihan yang diselenggarakan oleh Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC). Banyak yang dipelajarinya mulai dari menata keuangan, manajerial pasokan bahan baku hingga pemasaran. Sejak itu, ia terus didampingi dalam pengembangan usaha. Sebagai pelaku UMKM binaan SETC, Ayun merasakan betul betapa pentingnya pendampingan untuk menata semua jalan usaha yang digelutinya. Salah satunya terlibat dalam pelatihan, expo dan kerja sama dengan pihak lain yang difasilitasi program Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) yang merupakah payung program dari PT HM Sampoerna Tbk. Pendampingan yang dilakukan SETC sejak 2016 memberikan tabir baru bagi dirinya untuk dapat membungkus peluang dan tak berhenti untuk berinovasi. “Sejak pandemi, kami merasakan betul perubahan itu. Omzet drop, tapi kami langsung berinovasi untuk dapat terus bertahan,” ucapnya. Oleh sebab itu, saat pandemi, Ayun pun melakukan inovasi produk baru untuk melayani konsumen.
Meskipun kegiatan banyak yang dibatasi selama masa pandemi, Ayun masih melihat celah dengan menyasar kegiatan sosial serta aktivitas yang ada di pusat kesehatan sesuai Posyandu, Puskesmas juga rumah sakit. Laju UMKM yang digawanginya masih dapat mengkilap ketika mulai masuk ke ruang-ruang digital marketing. Meskipun teknologi menjadi barang baru baginya, ia berusaha untuk dapat belajar. Di SETC, semua kebutuhan digital marketing itu menjadi ruang belajar dan langsung diterapkan. “Meskipun tak dapat tatap muka, tapi marketing dapat terus jalan dengan memanfaatkan marketplace,” jelasnya. Inovasinya juga mampu melebarkan sayap UMKM ketika dirinya juga memproduksi snack box yang unik. Kreasinya itu juga diminati oleh pelaku usaha kuliner lainnya untuk membuat kemasan yang menarik. Hasilnya, pemesanan semakin banyak, dan ia tetap dapat memberdayakan para ibu-ibu di kampungnya untuk terus berkembang. Perlahan, saat ini UMKM mampu menjadi penopang ekonomi di masa pandemi. Mereka juga dapat menyerap tenaga kerja baru di tengah banyaknya warga yang harus rela terkena PHK. Semangat kecil dari dapur Ayun menjadikan Aykitchen tak hanya sebagai tempat membuat jajanan, tapi menjadi pendulum rezeki bagi keluarga-keluarga kecil di Surabaya. Jalan yang ditempuh Aykitchen juga melewati batas perkiraan Ayun yang kini lebih modern dengan inovasi serta cara marketing yang cepat. Ia tak lagi mengetuk satu per satu pintu rumah untuk menjajakan kue basah, akan tetapi sudah mengembangkan marketing digital yang lebih luas jangkauannya. Peluh yang dihasilkan para ibu-ibu di perkampungan kecil kini mulai membuahkan hasil. Mereka dapat bertahan di tengah pandemi dan memastikan keluarganya tercukupi.
Cerita Ayun Olah Bisnis Kue Basah Sampai Buka Lapangan Kerja untuk Ibuibu
“Alhamdulillah, kini pesanan hampir tiap hari selalu ada,” jelasnya. Ayun pun terus memperluar kapasitas produksinya dengan menambah oven serta peralatan dapur lainnya. Dengan kapasitas produksi yang lebih besar, dirinya percaya bahwa Aykitchen dapat terus memperlebar sayapnya. Mereka juga dapat membuktikan kerja keras dan kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak dapat menghasilkan dampak yang maksimal.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Aktifkan Notifikasimu
Aktifkan