Sedang Viral, Fitur Tag Produk di Instagram Kini Bisa Dipakai Pengguna Biasa

Sedang Viral, Fitur Tag Produk di Instagram Kini Bisa Dipakai Pengguna Biasa

Fitur product tag yang biasa digunakan influencer di Instagram untuk menandai produk-produk yang diiklankan, kini dapat digunakan oleh pengguna biasa.

Sebelumnya fitur tersebut hanya dapat digunakan oleh akun tertentu, sesuai akun brand resmi atau akun milik influencer.

Instagram memperluas fitur product tag tersebut ke semua pengguna, selama akun tersebut bersifat publik atau tidak "private".

Dengan demikian, semua pengguna Instagram kini dapat menandai produk-produk yang dikenakan dalam foto yang diunggah. Untuk saat ini, fitur product tag ini masih terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat (AS).

Fitur Tag Produk di Instagram Kini Bisa Dipakai Pengguna Biasa


Menurut perusahaan, ekspansi fitur ini akan memudahkan pengguna menemukan produk dari pengguna lain yang mereka ikuti (follow). Selain itu, upaya ini juga akan membantu pelaku bisnis dalam memperluas jangkauan audiensnya di Instagram.

"Orang-orang membuka Instagram untuk berbagi dan memperoleh tren serta inspirasi. Penandaan (tagging) produk akan memungkinkan siapa saja untuk mendukung brand favorit mereka, berbagi gaya serta produk yang mereka gunakan," kata Instagram dalam pernyataan resmi, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (20/4/2022).

Dalam keterangannya Instagram juga berkata bahwa rata-rata 1,6 juta orang menandai setidaknya satu merek/brand setiap minggu pada aplikasi Instagram.

Tak ayal jika perusahaan yang bernaung di Meta tersebut merampingkan pengalaman berbelanja dalam aplikasi.

Cara menambahkan tag produk di Instagram

Untuk menambahkan tanda atau tag di sebuah produk, pengguna harus melalui tahapan unggah foto juga video sesuai saat memposting konten di Instagram.

Sebelum menandai produk, pengguna terlebih dahulu harus menandai brand terkait.

Lihat Foto

Instagram

Tagging produk di Instagram

Dari situ, pengguna akan menemukan fitur "Tag Produk" yang dapat ditambahkan ke unggahannya.

Instagram memungkinkan pengguna untuk menambahkan lebih dari satu tag produk dalam satu unggahan.

Jadi, pengguna dapat menandai pakaian yang digunakan misalnya, jam tangan hingga anting dan lainnya dalam postingan yang sama.

Agar lebih mudah, berikut cara menambahkan tag produk di Instagram versi Android.

Pilih foto atau video dan klik panah di sudut kanan atas

Dalam tampilan yang menyertakan kolom caption, pilih fitur tagging

Cari merek yang ingin ditandai, kemudian pilih yang sesuai

Setelah ditandai/tag, pengguna akan melihat dua opsi tag yaitu orang atau produk. Tekan produk untuk menambahkan tag produk.

Ketuk area terkait dari postingan Anda yang ingin Anda tandai, kemudian pilih produk yang sesuai untuk ditambahkan ke postingan

Klik ikon bertanda centang di kanan atas untuk mengonfirmasi pilihan Anda

Klik lagi ikon centang yang sama dan bagikan postingan

Bakal diperluas ke Instagram Stories

Saat ini fitur product tagging hanya tersedia untuk semua pengguna di AS baik versi Android juga iOS. Selain itu untuk saat fitur tersebut juga hanya tersedia untuk unggahan foto yang diposting di Instagram Feed.

Meski demikian perusahaan mengungkapkan berencana membekali fitur serupa ke Instagram Stories. Saat ini Instagram sedang mengembangkan cara agar fitur tag ini juga dapat diterapkan di Instagram Stories.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan


(KOM)(MLS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel