Update, Semester I 2021, OCBC NISP Catat Laba Bersih Rp 1,5 Triliun
Bank OCBC NISP mencatat perolehan laba bersih sebesar Rp 1,5 triliun pada semester I tahun 2021.
Demikian juga laba operasional sebelum beban cadangan kerugian penurunan nilai tumbuh sebesar 5,4 persen yoy menjadi Rp 2,7 triliun.
Total aset perseroan juga bertumbuh 10,4 persen yoy menjadi Rp 201 triliun, dan dana Pihak Ketiga meningkat 11,2 persen yoy menjadi Rp 150,4 triliun hingga akhir Juni 2021.
Semester I 2021, OCBC NISP Catat Laba Bersih Rp 1,5 Triliun
Peningkatan ini dikontribusikan dari pendapatan operasional yang tumbuh 5,8 persen yoy menjadi Rp 4,9 triliun, di mana Rp 3,9 triliun berasal dari pendapatan bunga bersih, yang meningkat 11,8 persen yoy.
Pencapaian juga didukung salah satunya oleh peningkatan rasio dana murah (CASA) yang tercatat sebesar 48,8 persen pada akhir Juni 2021 dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2020 sebesar 43,8 persen.
Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP mengungkapkan, pertumbuhan positif tersebut ditopang oleh beberapa strategi perseroan, di antaranya mendorong peningkatan kapabilitas layanan digital, edukasi keuangan yang konsisten, serta kemudahan akses pembiayaan.
“Sebagai upaya mendukung pemulihan perekonomian nasional, perseroan berinovasi dan mengakselerasi layanan digital, edukasi keuangan dan juga pembiayaan yang berkontribusi positif terhadap pencapaian kinerja keuangan berkelanjutan Bank OCBC NISP sepanjang semester I 2021,” ujar Paratiwi melalui siaran pers, Kamis (29/7/2021).
Pratiwi mengungkapkan, Bank OCBC NISP mendorong pertumbuhan bisnis sebagai fungsi intermediasi dengan tetap mengedepankan penerapan prinsip kehati-hatian.
Hingga akhir Juni 2021, Bank OCBC NISP menyalurkan kredit sebesar Rp 115,5 triliun di mana sebagian besar disalurkan untuk modal kerja dan investasi.
Rasio NPL terjaga di bawah rata-rata NPL industri perbankan dan ketentuan regulator. Pada akhir Semester I 2021, NPL net Bank sebesar 1 persen dan NPL bruto sebesar 2,5 persen.
“Tidak terbatas pada pendanaan, Bank juga terus berupaya mendukung nasabah pelaku usaha agar dapat melalui berbagai tantangan dengan menghadirkan program pendampingan bisnis, akselerasi kapabilitas dan edukasi,” jelas dia..
Di sisi lain, Bank OCBC NISP mencatat rata-rata nilai transaksi per bulan dari periode sebelum pandemi yakni sepanjang 2019 dibandingkan dengan semester I 2021 mencatatkan peningkatan sebesar 122 persen di e-channel Bank OCBC NISP.
Rinciannya, untuk layanan Velocity@ocbcnisp periode sepanjang 2019 rata-rata nilai transaksi per bulan meningkat 134 persen, dengan kenaikan jumlah pengguna 22 persen dibandingkan dengan semester I 2021.
Untuk layanan ONe Mobile sepanjang 2019 rata-rata nilai transaksi dan frekuensi transaksi per bulan masing-masing meningkat 91 persen dan 68 persen, sementara jumlah pengguna bertumbuh 55 persen dibandingkan dengan semester I 2021.
Aktifkan Notifikasimu
Aktifkan